Tentang Gelombang


”Gelombang kecil yang terus menerus, terbukti lebih mampu menembus dari pada satu gelombang besar”.

GELOMBANG

 “Sudah paham, Bapak/Ibu? Jika belum, ijinkan saya melakukan Brain Storming untuk menyamakan frekuensi.”

Sejenak, saya tergelitik dengan kalimat seorang pembicara workshop yang notabene seorang pakar Management System. Mungkin karena saya Guru Fisika, istilah-istilah dalam besaran fisis selalu bisa menarik minat saya, walaupun disampaikan dalam konteks yang berbeda.

Kali ini saya sedang mengikuti workshop “Pembangunan System Management”, untuk menunjang kemampuan dalam bidang managerial. Merupakan pertemuan ke dua, dari serangkaian ‘pertemuan’ yang direncanakan akan berlangsung secara berkala dalam waktu beberapa bulan.

Mengenai isi materi pelatihan, tak perlu diragukan merupakan hal yang sangat menarik. Namun semua hal menarik tersebut tak membuat telinga saya tergelitik hingga beliau mengungkapkan dengan menggunakan istilah fisis.

Ingatan saya jadi kembali pada suasana kelas beberapa pekan sebelumnya, saat membahas materi Gerak Gelombang. Pada gelombang, Interferensi maksimal dapat terjadi dari pertemuan gelombang-gelombang dengan frekuensi yang koheren (memiliki frekuensi sama). Jika gelombang-gelombang tidak koheren bertemu, akan terjadi ‘pelayangan’, selisih frekuensi yang menyebabkan sumber tidak dapat terdengar dengan jelas.

Dalam konteks ini, brain storming, apersepsi, pengenalan, atau istilah lain yang digunakan untuk membuka wawasan. Sudah lama saya menyadari bahwa hal tersebut merupakan bagian yang tak kalah penting dari ‘isi materi’ itu sendiri. Namun baru sekarang saya menyadari fungsinya, untuk menyamakan frekuensi pemikiran dari peserta atau anak didik kita, agar bisa menerima materi pelajaran dengan sempurna.

Saya jadi ingat saat membaca RPP (Rencana Program Pembelajaran) atau bahkan mengikuti ‘materi pelajaran’ dari rekan-rekan guru. Sedikit sekali yang memberi porsi ‘cukup’ untuk pemberian ‘apersepsi’ materi. Pada umumnya guru lebih terfokus pada ‘metode’ dan ‘langkah kerja’.
Apakah anda juga seperti itu?

Comments

Popular Posts